Kamis, 20 Juni 2013

Macam-macam umpan pellet

Tips Umpan Mancing Ikan Mas Umpan Mancing Ikan Mas dalam kemasan adalah umpan jadi atau umpan siap pakai yang dibungkus dalam kemasan (plastik) dan banyak dijual di kios pancing. Berbagai jenis, ada yang berbentuk bubuk dan ada yang berbentuk padat dan dalam kemasannya biasanya tertulis cara meracik umpan tersebut. Secara umum, umpan-umpan tersebut bisa digunakan dalam memancing ikan mas bila kita ikuti petunjuk atau cara yang ada didalam kemasan. Memodifikasi umpan ini juga tidaklah sulit dikarenakan secara dasar umpan ini sudah merupakan umpan siap pakai.
Umpan Pa Ikin :
Secara umum umpan ini bisa langsung kita gunakan, coba saja kita pergunakan pada pemancingan kiloan, umpan Pa Ikin yang dijual bisa langsung dikaitkan ke kail, siap untuk mancing. Untuk tambahan, biasanya kita beri kroto, telur, susu dan tuna kalengan serta ditambah pengeras bila perlu. Beberapa lokasi pemancingan ikan mas, saya biasa menggunakan kreasi umpan mancing ikan mas Pa Ikin

Umpan Jempol :
Umpan mancing ikan mas Djempol juga salah satu umpan siap pakai yang bisa langsung digunakan. Tinggal seduh dan kasih kuning telor bebek saja. Ada 2 macam umpan Jempol yang saya gunakan, Amis dan Wangi dan biasanya ini saya kombinasikan (bikin umpan dadakan) dengan melihat kondisi kolam terlebih dahulu, pada kolam pancing yang warna airnya kecoklatan maka saya pakai umpan Amis ½ bungkus dan Wangi 1 sendok. Kebalikannya bila warna air hijau pakai yang Wangi ½ bungkus dan Amis 1 sendok. Campuran wajib lainnya adalah Kuning Telor Bebek yang kuningnya bagus (kemerahan), kroto bila memungkinkan dibeli dan sedikit tuna kalengan. Selain komposisi tersebut, saya biasa pula pakai ramuan Umpan Djempol Telor Asin.






Umpan Tombro :
Walau pada labelnya umpan dinyatakan siap pakai, saya belum pernah berhasil dalam menggunakannya, mungkin di daerah lain umpan ini bisa 'jalan' atau memang saya belum menemukan cara mengkreasikan umpan ini di daerah saya terbiasa mancing ikan mas


Umpan Katulampa,:
Cap Wayang, bubuk Deho, bubuk Deho Susu, Kinoy pada umumnya hanya dipergunakan sebagai pengeras umpan.

           Umpan Jitu Bungkus dan umpan Jitu Lontong
:

Umpan ini banyak saya pakai sewaktu mancing ikan mas di daerah Sukabumi sebagai umpan tanpa kroto sedangkan umpan jitu lontong biasa saya pakai dengan campuran tongkol cuek dan sedikit kroto, karena ini berbahan dasar pelet jadi dapat digunakan secara umum pada empang mancing ikan mas.

Kalau ada yang bertanya, umpan apa yang cocok untuk empang A daerah B misalnya, maka saya akan bilang tidak ada yang pasti karena biasanya antara empang satu dan lainnya , tidak akan sama jenis umpannya, kecuali umpan mancing pada kolam kiloan. Perlu diperhatikan dalam meracik umpan adalah persiapan umpan tambahannya yang harus tersedia saat akan bereksperimen membuat umpan mancing ikan mas seperti Telur, tuna kalengan atau ikan cuek pengamis, susu instan saset dan pengeras. Untuk umpan yang beraroma, pelu kita perhatikan aroma dari umpan itu apakah teralalu amis atau terlalu wangi. Selain itu jangan lupa baca petunjuk pemakaian karena setiap umpan pasti sudah mengalami uji coba yang dilakukan oleh pembuatnya. Umpan yang kita beli, jangan ragu untuk dipadukan dengan bahan lainnya, walau sudah diuji coba sama pembuatnya terkadang pada lokasi empang tertentu tidak cocok.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar